Selasa, 26 Mei 2020

Hari Keanekaragaman Hayati, Prodi Kehutanan UNIERA Melaksanakan Rehabilitasi Mangrove

    
     Dalam rangka peringatan Hari Keanekaragaman Hayati, Program Studi (Prodi) Kehutanan Universitas Halmahera (UNIERA) melaksanakan rehabilitasi mangrove di pesisir Desa Kali Upa pada Hari Jumat, 22 Mei 2020. Sehubungan dengan kondisi pandemi covid19, maka kegiatan hanya dilakukan oleh 4 orang dosen tetap dan 2 orang mahasiswa dengan menanam sebanyak 50 bibit Rhizophora mucronata.
     Prodi Kehutanan UNIERA telah memiliki kerjasama dengan Pemerintah Desa Kali Upa dalam upaya melestarikan ekosistem mangrove dan bantaran sungai/kali Upa. Kegiatan ini sendiri merupakan sebuah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) terstruktur ketiga kalinya pada semester yang berbeda. Kepala Desa Kali Upa, Bapak Nickhi Nyole, mengucapkan terimakasih kepada Prodi Kehutanan UNIERA yang tetap perduli merawat ekosistem mangrove di desanya meskipun masih dalam situasi pandemi.
     Ekosistem mangrove sebagaimana diketahui sangat penting tidak hanya bagi kehidupan di laut seperti habitat bagi perkembangbiakan ikan, kepiting dan udang, namun juga bagi kehidupan di daratan seperti pencegah abrasi pantai dan intruisi air laut ke dalam air tanah. Pohon mangrove juga memiliki kemampuan menyerap CO2 20x lebih besar dibandingkan pohon di daratan.
     Semoga upaya yang telah dilaksanakan bisa memberikan manfaat bagi alam maupun masyarakat. Selamat Hari Keanekaragaman Hayati. Our Solutions are in Nature. (RS)

2 komentar:

PERAYAAAN HARI LINGKUNGAN HIDUP OLEH PROGRAM STUDI KEHUTANAN

          Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup se-dunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, Program Studi Kehutanan - Universitas Halmahera me...